6 Alasan Mengapa Harus Menggunakan Shortcut Excel

Pernahkah Anda menyaksikan seorang yang bekerja dengan komputer tanpa atau jarang menyentuh mouse, dan hanya menggunakan keyboard?

Bagaimana menurut Anda kecepatan pekerjaan mereka, apakah lebih cepat atau lebih lambat jika dibandingkan dengan menggunakan mouse?

Jika Anda cermati dengan seksama, Anda akan melihat bahwa seorang yang menggunakan shortcut bisa bekerja lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan mouse.

Pada tulisan ini, saya akan membahas apa itu shortcut keyboard serta lasan mengapa harus menggunakan shortcut pada saat bekerja dengan Excel.

Apa itu shortcut keyboard?

Shortcut keyboard yaitu serangkaian tombol pada keyboard yang bisa menjalankan tugas di komputer, yang biasanya melibatkan penggunaan mouse atau perangkat input lainnya.

6 alasan mengapa anda harus menggunakan shortcut keyboard!

Di bawah ini adalah 6 alasan mengapa Anda harus menggunakan shortcut pada saat bekerja dengan Excel.

1. Dalam Kondisi Sakit

Dalam kondisi sakit, seseorang kemungkinan tidak bisa menggunakan mouse dengan baik. Misalnya orang yang pergelangan tanggannya sakit atau keseleo sehingga tidak bisa menggerakkan mouse dengan leluasa. Dalam kondisi seperti ini, seseorang tetap bisa bekerja dengan komputer dengan menggunakan shortcut keyboard.

2. Orang yang mengalamai gangguan penglihatan

Seseorang yang mengalami gangguan penglihatan kemungkinan tidak dapat melihat pointer mouse dengan benara. Bagaimana agar orang tersebut tetap bisa bekerja dengan komputer? Jawabannya adalah dengan menggunakan SHORTCUT.

3. Penggunaan mouse berlebihan bisa menyebabkan sindrom RSI

Penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan mouse secara berlebihan bisa menyebabkan Repetitive Syndrome Injury (RSI) dibandingkan menggunakan keyboard.

4. Mempercepat Proses Belajar

Shortcut keyboard bisa mempercepat proses belajar menggunakan komputer menjadi lebih cepat.

5. Bekerja di bidang yang membutuhkan ketelitian tinggi

Untuk pekerjaan yang membutuhkan ketelitian yang tinggi, menggunakan shortcut lebih efektif dibandingkan dengan mouse. Sebagai contoh, jika Anda melakukan Pengeditan Teks, menggunakan mouse menghabiskan lebih banyak waktu dibanding shortcut.

6. 10 X Lebih Cepat

Penelitian menyimpulkan bahwa bekerja menggunakan shortcut keyboard 10 kali lebih cepat dibandingkan menggunakan mouse.

Leave a Comment