Tipe Error Pada Excel dan Cara Mengatasinya

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Tipe Error Pada Excel dan Cara Mengatasinya

Pernah kamu mengalami hal ini? Yaitu ketika kita sudah susah payah bikin rumus atau formula di Microsoft Excel, tapi hasil yang keluar tidak sesuai harapan alias muncul error. Di situ kadang saya merasa sedih. Nah, pada kesempatan ini saya akan membahas tipe error pada Excel dan cara mengatasinya. Setelah membaca tulisan ini, kita tidak ‘takut’ lagi sama yang namanya error pada Excel.

Baca Juga: Cara Mengatasi Rumus Excel Tidak Menghitung Secara Otomatis

Ada tujuh tipe error pada Microsoft Excel yang muncul saat kita membuat kesalahan dalam menulis rumus atau formula. Penjelasan mengenai ketujuh tipe error pada Excel dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut (perbesar gambar untuk melihat rangkumannya):

Tipe Error Excel dan Cara Mengatasinya
Tipe Error Excel dan Cara Mengatasinya

Tipe 1: #NULL! atau Null Error

Terjadi jika range yang dipakai dalam formula tidak berpotongan alias tidak berintersect. Misalnya, saat kita menjumlahkan angka di A1 sampai dengan A5, kita tidak menambahkan simbol (:).

Solusi: Untuk mengoreksi error ini kita harus menambahkan intersect di antara range, misalnya (:) atau (,).

Tipe 2: #DIV/0! atau Divide by Zero Error

Terjadi karena ada value bilangan atau angka yang dibagi dengan 0 atau cell yang kosong. Dalam matematika, pembagian dengan angka 0 menghasilkan nilai infinity atau tak terhingga, sedangkan di Excel menghasilkan divide by zero error atau #DIV/0!.

Untuk error jenis ini tidak perlu dilakukan koreksi karena banyak kondisi dimana kita harus membagi suatu bilangan dengan angka 0.

Tipe 3: #VALUE! atau Error in Value

Terjadi karena kesalahan penggunaan value, misalnya mengalikan value text.

Solusi: Pastikan formula menggunakan value yang sesuai.

Tipe 4: #REF! Invalid Cell Reference Error

Terjadi karena data yang dituju tidak valid, tidak ada, atau sudah tidak ada lagi karena cell telah dihapus.

Solusi: Koreksi cell yang dituju.

Tipe 5: #NAME? atau Invalid Name Error

Terjadi karena salah menulis rumus atau formula. Kesalahan ini biasanya terjadi saat menulis formula secara manual, padahal tersedia sugestion formula, yaitu formula yang disarankan ketika kita menulis formula di dalam cell dimulai dengan simbol = dan huruf abjad.

Solusi: Gunakan suggestion formula saat menulis rumus di Excel serta periksa kembali apakah terdapat kesalahan penulisan formula.

Tipe 6: #NUM! atau Number Error

Terjadi saat terjadi kesalahan dalam menuliskan value angka pada formula.

Solusi: Periksa dan koreksi value angka dalam formula.

Tipe 7: #N/A atau Value Not Available Error

Terjadi saat value yang dituju atau direfer tidak tersedia, biasanya terjadi saat menggunakan fungsi seperti LOOKUP, HLOOKUP, VLOOKUP dll.

Solusi: Periksa kembali value yang akan dilookup, misanya ada tidaknya spasi setelah text, serta pastikan valuenya sama.

Download worksheet Excel tentang Tipe Error Excel dan Cara Mengatasinya di sini. Jangan lupa untuk LIKE Facebook Page dan FOLLOW Twitter Jago Excel dan SHARE artikel ini ke media sosial agar bermanfaat bagi orang banyak.

Loading…

  • 146
    Shares

5 thoughts on “Tipe Error Pada Excel dan Cara Mengatasinya”

  1. kalau error yg tulisan nya “the operating system is not presently configured to run this application “harus digimanain itu??

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.