Rumus Excel untuk mengambil Nama Depan

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Salah satu keunggulan Excel adalah tidak hanya bagus untuk mengelola data numerik atau data dalam bentuk angka. Excel juga sangat bagus digunakan untuk mengelola data teks. Salah satunya adalah ketika kita ingin mengambil sebagian teks dari teks yang panjang. Kali ini, kita akan membahas rumus Excel untuk mengambil nama depan atau sebagian teks.

Rumus Excel untuk Mengambil Nama Depan

Sebenarnya, untuk mengambil sebagian teks dari arah kiri sebanyak karakterter tertentu, cukup menggunakan fungsi LEFT atau MID saja. Jadi jika kita memiliki daftar nama orang yang semua nama depannya seragam terdiri dari 4 huruf, rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

=LEFT(nama_orang,4) atau MID(nama_orang,1,4)

Sayangnya, yang terjadi dalam kehidupan nyata tidaklah sesederhana itu. Nama depan seseorang sangat beragam, dari yang terdiri dari 2 huruf, 3 huruf, 4 huruf dst. Sehingga, kita membutuhkan satu formula atau rumus Excel umum yang bisa digunakan untuk berbagai kondisi tadi.

Untuk tujuan ini (mengambil nama depan dari nama lengkap), kita bisa menggunakan dua alternatif rumus Excel yaitu kombinasi antara: 1) LEFT dan FIND atau 2) MID dan FIND.

Fungsi LEFT dan MID digunakan untuk mengambil sebagian teks dari arah kiri sejumlah karakter tertentu. Bedanya, LEFT selalu mengambil teks dari sebelah kiri dimulai dari karakter pertama, sedangkan MID mengambil teks dari sebelah kiri dengan karakter awal yang bisa ditentukan apakah dari huruf pertama, keduam dst. Dengan kata lain, fungsi MID lebih fleksibel dibandingkan dengan fungsi LEFT.

Sedangkan, fungsi FIND digunakan untuk menentukan batas karakter yang akan kita ambil. Sebagaimana kita ketahui, antara nama depan dengan nama tengah atau nama belakang seseorang dipisahkan oleh spasi.

Untuk itu, kita akan memakai spasi untuk menentukan batas akhir karakter yang akan kita ambil. Karena posisi huruf terakhir yang akan kita ambil pada nama depan seseorang berada persis sebelum karakter spasi, maka jumlah karakter yang akan kita ambil adalah dengan cara mencari posisi spasi dengan rumus FIND lalu dikurangi 1.

=FIND(” “,nama_orang,1)-1

Alternatif Pertama dengan LEFT dan FIND

Rumus Excel untuk mengambil nama depan dengan alternatif pertama adalah sbb:

=LEFT(nama_orang,FIND(” “,nama_orang,1)-1)

Alternatif Kedua dengan MID dan FIND

Rumus Excel untuk mengambil nama depan dengan alternatif kedua adalah sbb:

=MID(nama_orang,1,FIND(” “,nama_orang,1)-1)

Output dari kedua rumus Excel di atas bisa dilihat pada gambar.

rumus excel untuk mengambil nama depan
rumus excel untuk mengambil nama depan

Catatan

Meskipun kedua alternatif rumus Excel di atas menghasilkan output yang persis sama, ada kelebihan dan kekuarangan masing-masing.

Pada alternatif pertama, formula atau rumus Excelnya lebih pendek, tetapi tidak fleksibel. Pada alternatif kedua, rumus Excelnya sedikit lebih panjang, tetapi lebih fleksibel.

Loading…

  • 624
    Shares

1 thought on “Rumus Excel untuk mengambil Nama Depan”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.