Advertisements
 
Home ยป Cara Melakukan Rekonsiliasi Bank dengan Fungsi Match Pada Excel

Melakukan Rekonsiliasi Bank dengan Fungsi Match

Pada akhir bulan, departemen akuntansi dan keuangan biasanya sibuk melakukan closing bulanan untuk membuat laporan keuangan perusahaan. Salah satu aktivitas yang dilakukan pada saat closing bulanan adalah membuat atau melakukan rekonsiliasi bank. Pada tulisan ini, akan dibahas bagaimana cara mudah dan sederhana membuat atau melakukan rekonsiliasi bank dengan fungsi match pada Excel.




Apa itu Rekonsiliasi Bank?

Rekonsiliasi bank atau bank reconcile adalah suatu aktivitas menyamakan pencatatan antara pembukuan akuntansi (biasanya dalam bentuk database system atau software akuntansi) dengan pembukuan bank (disebut dengan bank statement atau rekening koran). Blog Akuntansi Keuangan membahas secara lengkap pengertian, tujuan dan tahapan rekonsiliasi bank.

Tujuan dari rekonsiliasi bank adalah untuk mengecek benar tidaknya pembukuan akuntansi berdasarkan catatan yang ada di bank. Jika ditemukan adanya perbedaan antara pembukuan akuntansi dengan rekening koran, maka bagian akuntansi akan melakukan pembetulan atau penyesuaian.

Baca juga Rumus Excel untuk menghitung umur atau usia kerja

Step By Step: Cara Melakukan Rekonsiliasi Bank dengan Fungsi Match



  1. Buat jurnal penyesuaian untuk pemasukan dan pengeluaran bank yang biasanya belum dicatat pada akhir periode. Pemasukan dan pengeluaran yang biasanya belum dicatat pada GL adalah pendapatan bunga, pajak pendapatan bunga, biaya transfer bank, biaya administrasi bulanan dan biaya perangko (stamp duty). Untuk itu, langkah pertama dalam melakukan rekonsiliasi bank adalah dengan mencatat item-item tersebut.
  2. Mengekstrak data pembukuan transaksi bank atau general ledger akun atau rekening bank yang akan dilakukan rekonsiliasi ke dalam Excel. Pada software akuntansi, general ledger biasanya bisa ekstrak dalam format Excel seperti CSV, .xls maupun .xlsx.general ledger
  3. Mengekstrak transaksi bank dari sistem e-banking ke dalam Excel. Data transaksi bank dari sistem e-banking biasanya juga tersedia dalam format Excel seperti CSV, xls dan xslx.bank statement
  4. Copy sheet GL transaksi bank dan rekening koran transaksi bank dalam satu workbook. Tujuannya adalah untuk memudahkan pekerjaan dalam satu workbook. Selain itu, dengan bekerja dalam satu workbook kita tidak perlu me-refer ke workbook lain yang menyebabkan ukuran file menjadi lebih gemuk.
  5. Pada sheet GL transaksi bank, tambahkan kolom baru untuk melakukan rekonsiliasi. Beri judul header kolom tersebut, misalnya dengan “recon”, “rekonsiliasi”, dll.
  6. Buat rumus sederhana untuk rekonsiliasi bank dengan fungsi match, lalu copy paste ke bawah. Syntax untuk fungsi match adalah sbb: =MATCH(lookup_value, lookup array, [match_type])recon
  7. Sort data dengan hanya memilih data yang hasilnya #N/A. Setelah selesai membuat rumus sampai ke bawah, short data GL tadi dengan memilih hanya data yang menghasilkan error #N/A. Error inilah yang nanti akan dicek (direkon) dengan bank statement.
  8. Lakukan pengecekan dan pembetulan secara manual jika terjadi selisih. Jika ada pembulatan di bank statement, sesuaikan jumlah debit atau credit pada GL dengan bank statement. Buat jurnal penyesuaian jika ada item baik debit atau credit pada bank yang belum dicatat di akuntansi.
  9. Setelah semuanya selesai, pastikan saldo akhir GL sama persis dengan saldo akhir bank statement. Setelah semua dicek dan dipastikan tidak ada yang terlewat, pastikan bahwa saldo akhir di GL sama dengan di bank statement. Jika sudah sama, maka proses rekonsiliasi bank selesai.
Baca Juga  Tutorial PivotTable untuk Membuat Laporan Yang Powerful

Demikian cara melakukan rekonsiliasi bank dengan fungsi match pada Excel.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Comments

Cara Melakukan Rekonsiliasi Bank dengan Fungsi Match Pada Excel — 3 Comments

  1. om maaf nih bisa ada link bwt contoh yg excel gtu file nya ada kaga, jadi kite belajar langsung bisa download file excelnya gtu. heheh kalo save html nya berat nih.wkwkwk maklum lemyot pc nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *