Menghitung Penyusutan Metode Garis Lurus dengan Fungsi SLN

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Penyusutan Metode Garis Lurus

Dalam ilmu Akuntansi, sebuah aset tetap yang kita miliki akan mengalami penurunan nilai seiring berjalannya waktu. Penurunan nilai tersebut disebut dengan istilah penyusutan atau depresiasi.

Sebagai contoh, laptop yang kita beli pada saat sekarang misalnya seharga 8,500,000, lima tahun mendatang akan berkurang nilainya atau harga jualnya. Salah satu metode yang digunakan untuk menghitung penyusutan sebuah aset yaitu penyusutan metode garis lurus.

Dalam metode penyusutan garis lurus, sebuah aset tetap akan berkurang nilainya setiap periode (biasanya 1 tahun) sebesar harga atau biaya untuk beli barang dikurangi dengan nilai sisa barang tersebut setelah habis masa pakai dibagi dengan masa manfaatnya.

Secara matematis, rumus untuk menghitung depresiasi atau penyusutan metode garis lurus adalah sebagai berikut:

Depresiasi = (Harga Beli – Nilai Sisa)/Masa Manfaat

Dengan menggunakan Excel, kita bisa dengan mudah menghitung depresiasi atau penyusutan sebuah aset tetap dengan metode garis lurus dengan menggunakan fungsi SLN.

penyusutan metode garis lurus

Syntax fungsi SLN untuk menghitung penyusutan metode garis lurus adalah sebagai berikut:

=SLN(cost, salvage, life)

Keterangan dari syntax di atas adalah sebagai berikut:

  • Cost. Biaya yang dikeluarkan untuk membeli aset meliputi harga beli ditambah dengan biaya-biaya lain untuk mendapatkan aset tersebut.
  • Salvage. Nilai sisa aset setelah aset tersebut habis masa manfaatnya.
  • Life. Masa manfaat aset tersebut (berbeda-beda tergantung jenis aset tetap, sebagai contoh masa manfaat barang elektronik seperti laptop adalah 4 tahun).

 

Sebagai contoh, kita akan menghitung depresiasi atau penyusutan sebuah laptop yang dibeli dengan 8,500,000, dengan nilai sisa setelah aset tersebut habis masa manfaatnya sebesar 500,000 dengan masa manfaat 4 tahun.

Langkah untuk menghitung depresiasi aset tetap di atas adalah sebagai berikut:

  1. Pada sheet Excel, entri semua data aset tetap meliputi harga beli/cost, nilai sisa/alvage dan masa manfaat/life aset misalnya pada cell C3, C4 dan C5.
  2. Pada cell dimana Anda akan menghitung penyusutan misalnya C7, ketik =SLN(C3,C4,C5) lalu tekan Enter.
  3. Selanjutnya, Excel akan menghitung besarnya depresiasi per tahun dan menghasilkan angka 2,000,000 per tahun.
  4. Agar lebih mudah dibaca, selanjutnya buat Tabel Penyusutan metode garis lurus untuk mengalokasi biaya penyusutan per tahun.



  • 883
    Shares

5 thoughts on “Menghitung Penyusutan Metode Garis Lurus dengan Fungsi SLN”

  1. gimana rumus excelnya kalo kita mau membuktikan bahwa suatu aset sudah habis masa manfaatnya sehingga kita tidak bisa men-depresiasi lagi , sehingga walaupun kita tetap menuliskan rumus depresiasinya hasilnya akan tetap 0 karena sudah habis masa manfaatnya ?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.