Advertisements
 
Home ยป Mengubah Huruf Besar Menjadi Huruf Kecil Pada Excel

Mengubah Huruf Besar Menjadi Huruf Kecil

Bagi Pengguna Word, mungkin sudah terbiasa mengubah format teks dari huruf besar menjadi huruf kecil. Untuk mengubah dari huruf besar menjadi huruf kecil di Word, kita tinggal memblok teks yang akan diubah lalu tekan SHIFT+F3 1 sampai 3 kali sesuai kebutuhan, apakah lowercase, UPPERCASE atau pun Capitalized Each Word atau Sentence case. Selain bisa digunakan di Word, shortcut SHIFT+F3 juga bisa digunakan di Power Point dan Outlook.




Bagaimana jika kita ingin melakukan hal yang sama pada Excel?

Untuk mengubah huruf besar menjadi huruf kecil atau sebaliknya pada Excel, kita tidak bisa menggunakan shortcut Change Case seperti pada Word, Power Point dan Outlook.

Sebagai gantinya, kita bisa menggunakan fungsi LOWER, UPPER dan PROPPER. Ketiga fungsi tersebut termasuk dalam kategori Text Function.

Kegunaan dan Syntax Fungsi CASE

LOWER

Fungsi LOWER digunakan untuk mengubah format text menjadi lowercase, yaitu semua teks menjadi huruf kecil (huruf kecil semua).

Syntax LOWER

=LOWER(text)

UPPER

Fungsi UPPER digunakan untuk mengubah format text menjadi UPPERCASE, yaitu semua teks menjadi huruf besar (HURUF BESAR SEMUA).

Syntax UPPER

=UPPER(text)

PROPER

Fungsi LOWER digunakan untuk mengubah format text dimana setiap kata diawali Huruf Besar.




Syntax PROPER

=PROPER(text)

text (wajib diisi) yaitu teks yang akan diubah format CASEnya. Text bisa berupa argument, cell reference maupun original text dalam tanda kutip seperti di bawah:

mengubah huruf besar menjadi huruf kecil

=UPPER(“jago excel, tempat terbaik belajar excel”)

Kapan Fungsi Change CASE digunakan?

Pada Excel, kita jarang membuat teks-teks panjang seperti pada Word. Sehingga, muncul pertanyaan, apakah kita benar-benar membutuhkan fungsi Excel untuk mengubah huruf besar menjadi huruf kecil.

Baca Juga  Rumus COUNT, COUNTA, COUNTIF, dan COUNTIFS

Salah satu kondisi kapan kita menggunakan fungsi Change Case ini adalah saat kita bekerja menggunakan fungsi TEXT pada laporan yang dibuat dengan Excel.

Contoh lebih lanjut bisa Anda baca pada tulisan Mengubah Judul Laporan Secara Otomatis

Hal ini karena, output yang dihasilkan dari fungsi TEXT, secara default menggunakan format Proper. Sebagai contoh, pada cell C2

=TEXT(B2,”mmmm”)




Secara default, output dari rumus TEXT pada cell C2 adalah “August”, tidak peduli apakah kamu menggunakan rumus =TEXT”B2,”mmmm”) ataupun =TEXT(B2,”MMMM”).

Jika misalnya sebuah laporan Anda buat dengan UPPERCASE, output dari rumus TEXT menjadikan format laporan Anda menjadi tidak konsisten. Permaslahan ini bisa diatasi dengan fungsi Change Case ini.

Advertisements

Comments

Mengubah Huruf Besar Menjadi Huruf Kecil Pada Excel — 2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *