Advertisements
 
Home ยป Menggunakan Fungsi Find untuk Menemukan Teks

Menggunakan Fungsi Find





Salah satu keunggulan Excel yang saya sukai adalah kemampuannya mengolah berbagai tipe data. Selain data dalam bentuk number atau angka, Excel juga sangat powerful untuk mengelola data dalam bentuk teks. Pada tulisan ini, kita akan membahas penggunaan fungsi find untuk mencari dan menemukan value tertentu pada cell.

Salah satu tantangan (pertanyaan) yang masuk ke inbox Excel Corner adalah seperti berikut. Seorang staf PPIC (Production Planning & Inventory Control) ingin membuat tabel Mesin dan Spare part yang dipakai. Jika kita mengisi Nomor Mesin di kolom B, maka akan muncul keterangan “OK” di kolom Nomor Mesin sesuai dengan baris Nomor Spare part (lihat gambar di bawah).

Find Nomor Mesin

Find Nomor Mesin

Jika kita harus menuliskan keterangan “OK” secara manual, pekerjaan tersebut menjadi sangat tidak efisien. Bagaimana caranya agar keterangan “OK” muncul begitu kita menulis Nomor Mesin? Caranya adalah dengan membuat formula yang bisa menemukan text yang berisi Nomor Mesin, misalnya “MC 01”, “MC 06”, “MC 24”, dll. Salah satu fungsi yang cocok untuk menemukan text adalah Fungsi Find.

RUMUS

=FIND(find_text,within_text,start_num)

PENJELASAN

  • find_text yaitu teks yang ingin kamu temukan.
  • within_text yaitu teks (yang sama dengan atau lebih panjang) di mana teks yang ingin kamu temukan berada.
  • start_num yaitu karakter spesisifik di mana untuk memulai pencarian teks

CONTOH

=FIND(“a”,A2,5)

Fungsi FIND

Fungsi FIND

Formula tersebut akan menghasilkan value 10, yaitu letak huruf “a” yang dimulai dari karakter ke-5. Huruf “a” di posisi ke-4 tidak terbaca karena pencarian dimulai dari karakter ke-5. Perlu diingat bahwa fungsi FIND ini bersifat Case Sensitive, yaitu sensitif dengan format besar kecilnya huruf di mana “a” tidak sama dengan “A”.




Pada kasus Nomor Mesin dan Sparepart di atas, cara kerjanya adalah sebagai berikut.

Baca Juga  Tipe Error Pada Excel dan Cara Mengatasinya

Pertama, kita akan menggunakan fungsi FIND dengan awal pencarian karakter ke-1 untuk mencari Nomor Mesin di kolom B3 sampai B22. Jika ada teks yang sama dengan Nomor Mesin di row 2, misalnya “MC 01”, tidak peduli letak “MC 01” berada di mana atau dipisahkan oleh apa, maka akan menghasilkan value berupa angka yang merupakan posisi ke-X dari teks “MC 01”. Jika tidak ada karakter yang dicari, akan menghasilkan error #VALUE! Pada cell C3, formulanya adalah =FIND(C2,B3)

Kedua, kita akan memunculkan keterangan “OK” jika teks yang kita temukan ada di cell pencarian. Jika teks yang kita cari tidak ada, maka akan menghasilkan error #VALUE sebagai hasil dari fungsi FIND. Pada C3, fungsinya akan menjadi bersarang =IF(FIND(C2,B3),”OK”)

Ketiga, kita harus menghilangkan error #VALUE! dengan rumus IFERROR sehingga formulanya menjadi =IFERROR(IF(FIND(C2,B3),”OK”),””). Untuk menghilangkan error, kita gunakan “” sebagai value_if_error yang berarti tidak ada value apa pun jika formula menghasilkan value error.

Dan jadilah laporan staf PPIC tersebut seperti ini, dimana jika kita menulis Nomor Mesin di kolom B3 sampai B22, akan menghasilkan keterangan “OK” di kolom Nomor Mesin.

FIND Problem Solved

FIND Problem Solved




Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Advertisements

Comments

Menggunakan Fungsi Find untuk Menemukan Teks — 2 Comments

  1. Kalau untuk formula kebalikannya gimana? Misalnya Nomor Mesin nya sudah terisi “OK”, tetapi kita ingin mengetahui “OK” itu ada di MC mana aja. Mohon pencerahannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *