Menggunakan Fungsi Find untuk Menemukan Teks

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Menggunakan Fungsi Find

Salah satu keunggulan Excel yang saya sukai adalah kemampuannya mengolah berbagai tipe data. Selain data dalam bentuk number atau angka, Excel juga sangat powerful untuk mengelola data dalam bentuk teks. Pada tulisan ini, kita akan membahas penggunaan fungsi find untuk mencari dan menemukan value tertentu pada cell.

Salah satu tantangan (pertanyaan) yang masuk ke inbox Excel Corner adalah seperti berikut. Seorang staf PPIC (Production Planning & Inventory Control) ingin membuat tabel Mesin dan Spare part yang dipakai. Jika kita mengisi Nomor Mesin di kolom B, maka akan muncul keterangan “OK” di kolom Nomor Mesin sesuai dengan baris Nomor Spare part (lihat gambar di bawah).

Find Nomor Mesin
Find Nomor Mesin

Jika kita harus menuliskan keterangan “OK” secara manual, pekerjaan tersebut menjadi sangat tidak efisien. Bagaimana caranya agar keterangan “OK” muncul begitu kita menulis Nomor Mesin? Caranya adalah dengan membuat formula yang bisa menemukan text yang berisi Nomor Mesin, misalnya “MC 01”, “MC 06”, “MC 24”, dll. Salah satu fungsi yang cocok untuk menemukan text adalah Fungsi Find.

RUMUS

=FIND(find_text,within_text,start_num)

PENJELASAN

  • find_text yaitu teks yang ingin kamu temukan.
  • within_text yaitu teks (yang sama dengan atau lebih panjang) di mana teks yang ingin kamu temukan berada.
  • start_num yaitu karakter spesisifik di mana untuk memulai pencarian teks

CONTOH

=FIND(“a”,A2,5)

Fungsi FIND
Fungsi FIND

Formula tersebut akan menghasilkan value 10, yaitu letak huruf “a” yang dimulai dari karakter ke-5. Huruf “a” di posisi ke-4 tidak terbaca karena pencarian dimulai dari karakter ke-5. Perlu diingat bahwa fungsi FIND ini bersifat Case Sensitive, yaitu sensitif dengan format besar kecilnya huruf di mana “a” tidak sama dengan “A”.

Pada kasus Nomor Mesin dan Sparepart di atas, cara kerjanya adalah sebagai berikut.

Pertama, kita akan menggunakan fungsi FIND dengan awal pencarian karakter ke-1 untuk mencari Nomor Mesin di kolom B3 sampai B22. Jika ada teks yang sama dengan Nomor Mesin di row 2, misalnya “MC 01”, tidak peduli letak “MC 01” berada di mana atau dipisahkan oleh apa, maka akan menghasilkan value berupa angka yang merupakan posisi ke-X dari teks “MC 01”. Jika tidak ada karakter yang dicari, akan menghasilkan error #VALUE! Pada cell C3, formulanya adalah =FIND(C2,B3)

Kedua, kita akan memunculkan keterangan “OK” jika teks yang kita temukan ada di cell pencarian. Jika teks yang kita cari tidak ada, maka akan menghasilkan error #VALUE sebagai hasil dari fungsi FIND. Pada C3, fungsinya akan menjadi bersarang =IF(FIND(C2,B3),”OK”)

Ketiga, kita harus menghilangkan error #VALUE! dengan rumus IFERROR sehingga formulanya menjadi =IFERROR(IF(FIND(C2,B3),”OK”),””). Untuk menghilangkan error, kita gunakan “” sebagai value_if_error yang berarti tidak ada value apa pun jika formula menghasilkan value error.

Dan jadilah laporan staf PPIC tersebut seperti ini, dimana jika kita menulis Nomor Mesin di kolom B3 sampai B22, akan menghasilkan keterangan “OK” di kolom Nomor Mesin.

FIND Problem Solved
FIND Problem Solved

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Loading…

  • 672
    Shares

6 thoughts on “Menggunakan Fungsi Find untuk Menemukan Teks”

  1. Kalau untuk formula kebalikannya gimana? Misalnya Nomor Mesin nya sudah terisi “OK”, tetapi kita ingin mengetahui “OK” itu ada di MC mana aja. Mohon pencerahannya

  2. mohon bantuan dan solusinya
    saya menggunankan find di excel dengan CTRL+F
    Pada tabel dengan di sel A1 ada judul Nomor, lalu saya tekan CtRL + F
    Find What – saya kosongin
    search by colom
    biasanya kursor langsung menuju ke baris bawahnya yang kosong di kolom A tadi yang berisi nomor sehingga saya tinggal nerusin
    sekarang tidak mau, muncul pesan Cannot find he data you’re searching for

    mohon bantuannya
    terima kasih
    salam

    • Mohon bantuannya saya ingin mengelompokan alamat berdasarkan kab/ kota
      misal di kolom A
      A1 jalan camar RT 02/03 sukaraja, Bogor
      A2 jalan MH Thamrin 02 blok c2 nomor 10, kota Depok
      A3 Jl. pasar kembang II No. 12, condong catur, Sleman
      A4 dan seterusnya dengan alamat yang berbeda2 serta acak

      nah di kolom B saya ingin mendapatkan
      B1 Bogor
      B2 Depok
      B3 Sleman

      bagaimana caranya?
      terima kasih

  3. Mohon bantuannya
    bagaimana caranya agar teks yang saya tulis dalam satu cell dapat terisi secara otomatis ke dalam cell baris dan kolom pada tabel. trims pak

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.