Mengenal Tipe Reference Pada Excel

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Tipe Reference Pada Excel

Saat menggunakan Excel, kita sering dihadapkan pada situasi dimana kita harus mengcopy suatu rumus dari satu cell ke cell yang lain. Saat kita mengcopy rumus ke cell yang lain, hasil dari rumus tersebut terkadang tidak sesuai harapan, dalam arti kita harus melakukan perubahan pada rumus tersebut, biasanya harus merubah data reference atau referensi/rujukan data.

Seorang pengguna Excel yang efektif bisa dengan mudah mengcopy rumus dengan leluasa di suatu cell baik itu ke kanan, ke kiri, ke atas, ke bawah, maupun ke cell manapun tanpa banyak melakukan perubahan. Untuk mengcopy rumus secara tepat, kita harus memahami tipe reference pada Excel.

Apa Itu Reference?

Reference yaitu data yang dijadikan sebagai rujukan dalam suatu formula atau rumus. Reference pada Excel dapat berupa single cell (A1), beberapa cell (A1, A2) maupun range (A1:A5). Reference dalam suatu rumus bisa berfungsi sebagai value, argument, criteria, dll sesuai kebutuhan.

3 Tipe Reference Pada Excel

Pada Microsoft Excel, ada 3 tipe atau jenis reference yaitu relative reference, fixed reference dan mixed reference yang merupakan kombinasi dari relative dan fixed. Perbedaan ketiga tipe reference tersebut ditunjukan dengan keberadaan symbol $ serta letaknya. Perbedaan ketiga reference tersebut adalah sbb:

Relative Reference

Yaitu reference yang bersifat relative, dimana jika kita mengcopy reference tersebut ke cell yang lain akan bergerak sejumlah cell dari tempat sebelumnya berada baik itu ke kanan, ke kiri, ke atas dank e bawah. Relative reference ditandai dengan tidak adanya simbol $, misalnya A1, AB:AB, atau 5:5.

Sebagai contoh, kita akan menjadikan cell A1 sebagai reference, misalnya pada cell C3. Ketika kita mengcopy cell C3 ke kanan ke cell D3, E3, F3 dst maka reference-nya berubah menjadi B1, C1, D1 dst. Sedangkan jika kita mengcopy cell C3 ke bawah ke C4, C5, C6, dst referencenya berubah menjadi A2, A3, A4, dst. Bagaimana jika kita mengcopy C3 ke atas (C2) dan ke kiri (B3), maka hasinya adalah #REF! atau Invalid Cell Reference Error.

Relative Reference
Relative Reference

Fixed Reference

Yaitu reference yang bersifat fixed atau tetap, dimana jika kita mengcopy reference tersebut ke cell yang lain, hasilnya tidak akan berubah atau bergerak. Fixed reference ini ditandai dengan dua symbol $ yang terletak sebelum kolom dan baris, misalnya $A$1. Untuk menambahkan symbol $ kita tidak perlu melakukannya secara manual, tetapi cukup dengan tombol F4 sebanyak satu kali pada Formula Bar.

Mixed Reference

Yaitu kombinasi antara relative reference dan fixed reference yang ditandai dengan satu simbol $. Mixed reference ada dua macam. Jika simbol $ ada sebelum column, maka disebut sebagai fixed column, relative row, misalnya $A1. Sedangkan jika simbol $ berada sebelum row, disebut sebagai relative column, fixed row, misalnya A$1.

Tipe Reference dan Contohnya
Tipe Reference dan Contohnya

Rangkuman tipe data reference dan contohnya bisa dilihat di tabel berikut:

Untuk lebih mudah mengingat tipe reference ini, kita bisa mengumpamakan simbol $ seperti tali pengikat dimana relative reference tidak memiliki simbol $ atau tidak diikat sehingga bisa bergerak ke mana-mana, fixed reference diikat column dan row, sedangkan mixed reference hanya diikat salah satunya baik itu column maupun row.

Loading…

  • 558
    Shares

2 thoughts on “Mengenal Tipe Reference Pada Excel”

  1. Mohon Info… Permasalahan Excel pada mengcopy data yg telah di filter

    permasalahannya terkadang filter data atiem tertentu akan di copy, hasil copy yg terfilter ikut semua….misal colom A nilai 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10, di filter dengan nilai ganji : 1,3,5,7,9 tapi kalau di copy filter nilai ganjil tersebut hasilnya copynya di colom C nilai 1,2,3,4,5,6,7,8,9,10

    kami menggunakan excel 2007 & 2010

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.