Membuat Laporan Bulanan Keuangan Keluarga

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Anggaran bulanan yang sudah kita buat tidak berarti apa-apa jika kita tidak mengetahui secara pasti berapa pemasukan dan pengeluaran keluarga. Untuk itu, setelah kita membuat anggaran bulanan, tahap selanjutnya adalah membuat laporan bulanan keuangan keluarga yang merupakan rangkuman pemasukan dan pengeluaran.

Untuk membuat rangkuman pengeluaran, kita harus memiliki catatan transaksi pengeluaran harian. Catatan transaksi pengeluaran harian bisa kita catat secara manual di buku catatan. Akan tetapi karena zaman sudah serba modern, kita akan menggunakan aplikasi smartphone untuk mencatat transaksi harian.

Dalam contoh ini, saya menggunakan aplikasi Toshl Finance, sebuah aplikasi personal and family finance di smartphone android yang dapat diunduh secara gratis di Google Play. Tentang Toshl Finance dan cara menggunakannya, Anda bisa membaca tulisan Mengelola Keuangan dengan Toshl Finance dan Tutorial Toshl Finance.

Step by Step Membuat Laporan Bulanan Keuangan Keluarga

Tahapan membuat laporan bulanan keuangan keluarga adalah sebagai berikut:

Melengkapi Data Anggaran Bulanan

Sebelum membuat laporan bulanan keuangan keluarga, Anda harus melengkapi data pemasukan dan pengeluaran pada file Anggaran Bulanan Keluarga. Isilah data pemasukan dan pengeluaran selengkap mungkin dan jangan ada yang terlewat. Jika Anda perhatikan pada kolom C dan kolom, Anda bisa melihat ada kolom dengan judul Tags, misalnya pengeluaran untuk “Cicilan Rumah” saya beri tags “Rumah”, Cicilan Mobil dengan tags “Mobil”, “Commuter Line” dengan tags “Commuter”, dll. Tags ini akan digunakan saat melakukan pencatatan transaksi pengeluaran harian dengan Toshl Finance serta akan dipakai untuk membuat laporan bulanan keuangan keluarga secara otomatis menggunakan file Excel Anggaran Bulanan.

Mencatat Transaksi Pengeluaran Harian

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kita akan melakukan pencatatan pengeluaran harian dengan Toshl Finance menggunakan tags yang telah dibuat di Anggaran Bulanan. Pada Toshl Finance, semua pengeluaran yang dicatat wajib memiliki minimal satu tags dan bisa membuat rincian pengeluaran tersebut dengan kolom Description (boleh juga dikosongkan).

Cara mencatat pengeluaran harian dengan Toshl Finance adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Toshl di smartphone
  • Tap icon (+) warna merah untuk mencatat pengeluaran dan warna hijau untuk mencatat pemasukan
  • Masukkan nilai rupiah pengeluaran, misalnya pengeluaran sebesar Rp 3500 untuk angkutan kota lalu tap icon (√)
  • Tap kolom di bawah nilai rupiah pengeluaran untuk menambahkan tags atau pilih tags jika sudah pernah digunakan lalu tap icon (√)
  • Selesai

Tags yang sudah pernah dipakai akan tersimpan pada daftar tags. Jika Anda bisa mengelola tags dengan baik, Anda tidak perlu mengisi Description sehingga mempermudah dan mempercepat dalam mencatat pengeluaran. Dengan hanya menggunakan tags, saya terbiasa mencatat dengan pengeluaran di smarthpone dengan satu tangan. Jika Anda telah mencatat seluruh transaksi pengeluaran selama satu bulan penuh dan Anda telah siap ke tahapan berikutnya.

Export Data Pengeluaran Harian Kedalam Excel

Data transaksi pengeluaran di Toshl dapat diexport kedalam berbagai jenis file antara lain CSV, Print Out, Excel, PDF, Google Docs dan Evernote. Namun, pada Toshl versi gratis kita hanya bisa mengexport data dalam bentuk CSV.

Cara mengexport data CSV dari Toshl adalah sbb:

  • Dengan aplikasi Toshl. Buka aplikasi Toshl, tap icon three dots, lalu tap Export dan data akan terkirim ke email, lalu download file CSV dari inbox email.
  • Dengan Toshl.com. Login ke http://toshl.com, lalu pada menu Export pilih Export to CSV dan tekan enter untuk mendownload file CSV dari Toshl.

Membuat Laporan Bulanan

Laporan Bulanan

Cara membuat laporan bulanan keuangan keluarga adalah sbb:

  1. Buka file excel Anggaran Bulanan yang sudah Anda download di artikel sebelumnya, lalu tambahkan satu sheet baru dan beri nama misalnya DataToshl
  2. Import data CSV menggunakan menu tabs Data/Get External Data from Text ke cell A1 sheet DataToshl jika Anda menggunakan Excel 2007 atau langsung buka file CSV dan copy paste data tersebut ke cell A1 sheet DataToshl
  3. Tambahkan kolom periode pada kolom G dengan fungsi =MONTH dengan data reference kolom Date (kolom A)
  4. Mengisi kolom Aktual pada sheet ANGGARAN BULANAN dengan fungsi =SUMIFS yang merupakan fungsi penjumlahan dengan lebih dari satu kondisi yaitu berdasarkan tags dan periode atau bulan dengan rumus =SUMIFS(DataToshl!C:C,DataToshl!B:B,[Tags],DataToshl!G:G,MAR!$F$2) dan copy rumus ke setiap tabel komponen pengeluaran
  5. Untuk membuat laporan bulan selanjutnya Anda tinggal copy sheet Anggaran Bulanan dan mengganti bulan pada kolom C2
  6. Selesai.

Loading…

  • 5.1K
    Shares

22 thoughts on “Membuat Laporan Bulanan Keuangan Keluarga”

  1. Mas sy kesulitan menghitung minimum charge alat berat kami apabila alat tersebut break down. Bagaimana menentukan rumus agar harga tidak di tagihkan pada kolom invoice. Sudah pakai rumus IF dan lain lain belum pas hasilnya. Tetima kasih

  2. Master, saya mau copy data dr column di worksheet 1 ke column di worksheet 2 tp bila isi row 1, row 2, row 3 sama mka column di workshet 2 akan di replace.

    Mhon perunjuknya

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.