Membuat Anggaran Bulanan Keluarga dengan Excel

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Membuat Anggaran Bulanan Keluarga dengan Excel

Salah satu aspek penting dalam rumah tangga adalah pengelolaan keuangan keluarga.

Untuk mencapai tujuan keuangan keluarga, misalnya membeli rumah, membeli kendaraan, menunaikan ibadah haji, menyekolahkan anak, kita harus merencanakan keuangan dengan baik. Salah satunya dengan membuat anggaran bulanan keluarga.

Tujuan utama membuat anggaran adalah agar pengeluaran tidak melebihi pendapatan.

Atau dengan kata lain, agar jangan sampai terjadi “besar pasak daripada tiang”.

Pada kesempatan ini, kami akan membantu Anda membuat anggaran bulanan keuangan keluarga dengan software yang hampir dimiliki oleh semua orang yang memiliki komputer berbasis windows, yaitu Excel.

Membuat Anggaran Bulanan Keluarga

Anggaran Bulanan Keuangan Keluarga ini sendiri terinspirasi dari template Personal Monthy Budget yang telah tersedia di Microsoft Excel 2007 yang sayangnya hanya sedikit orang yang mengetahuinya ataupun menggunakannya.

Untuk membukanya, pada Excel klik Office button/New/Templates/Installed Templates pilih Personal Monthly Budget lalu Create. Tampilan Personal Monthly Budget di Excel 2007 adalah sebagai berikut:

Personal Monthly Budget Pada Excel 2007
Personal Monthly Budget Pada Excel 2007

Dari template tersebut, kita akan membuat sendiri Anggaran Bulanan Keluarga yang sesuai dengan kebutuhan. Untuk membuat anggaran bulanan, kita harus menenetukan serta mengidentifikasi dua komponen utama dalam anggaran yaitu Income/Pendapatan dan Pengeluaran.

Pendapatan

Pendapatan sebuah keluarga biasanya berasal dari gaji suami untuk yang single income, gaji suami dan gaji istri untuk pasangan yang keduanya bekerja, pendapatan usaha, bunga atau bagi hasil deposito, dll.

Pendapatan yang diperoleh setahun sekali dibagi dengan 12 untuk mendapatkan jumlah penghasilan per bulan. Untuk pendapatan yang tidak terduga dimasukkan ke dalam komponen penghasilan lain-lain.

Pengeluaran

Setiap keluarga memiliki tentunya memiliki komponen pengeluaran yang berbeda-beda. Akan tetapi, pengeluaran tersebut dapat dikategorikan ke dalam kategori yang sama, misalnya pengeluaran untuk rumah atau tempat tinggal, transportasi, makanan, asuransi, tabungan dan investasi dll.

Setiap pengeluaran yang dikeluarkan setahun sekali dibagi 12 untuk mendapatkan perkiraan pengeluaran per bulan. Pengeluaran yang sifatnya tidak terduga dimasukkan ke dalam pengeluaran lain-lain. Setiap komponen pengeluaran sebaiknya memiliki item pengeluaran lain-lain.

Step By Step: Membuat Anggaran Bulanan

Anggaran bulanan yang akan dibuat kali ini menggunakan fungsi Format as Table pada tabs Home. Keunggulan dari fungsi Format as Table antara lain adalah formula atau rumus yang mudah dipahami, rumus yang otomatis, serta tampilannya yang menarik.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  • Buka worksheet Excel baru dan buatlah judul
  • Buat komponen Pendapatan dengan Format as Table dengan kolom Pendapatan, Rencana, Aktual dan Selisih seperti berikut.

Tabel Pendapatan

  • Isilah kolom pendapatan dengan item pendapatan, misalnya Gaji Sumai, lalu isi jumlah rencana untuk Gaji Suami, isi actual Gaji Suami, serta isi kolom selisih dengan rumus Selisih = Rencana – Aktual
Rencana-Aktual
Rencana-Aktual
  • Isilah kolom pendapatan dengan seluruh item pendapatan misalnya Gaji Istri, Pendapatan lain-lain.
  • Buatlah subtotal di bawah kolom Rencana, Aktual dan Selisih dengan shortcut Alt+.
  • Berilah nama untuk Tabel Pendapatan misalnya dengan nama INCOME. Caranya, pada tabel, klik Design lalu edit Table Name.
  • Buat komponen Pengeluaran dengan Format as Table sama seperti Pendapatan, tetapi karena komponen Pengeluaran lebih banyak buat menjadi dua sisi atau dua kolom agar mudah diprint. Buatlah subtotal untuk semua kategori Pengeluaran sama seperti membuat komponen dan beri nama setiap tabel seperti pada komponen Pendapatan.
  • Jumlahkan semua komponen atau tabel pengeluaran untuk menghasilkan Total Pengeluaran.
  • Buatlah tabel Saldo untuk mengetahui selisih antara Rencana Pendapatan dengan Pendapatan Aktual, Rencana Pengeluaran dan Pengeluaran Aktual.
  • Selesai
Anggaran Bulanan Keluarga
Anggaran Bulanan Keluarga

Untuk mengelola pencatatan pengeluaran aktual agar tidak dilakukan secara manual, Anda bisa mengkombinasikannya dengan memakai aplikasi personal & family finance yang bisa diinstall di handphone (akan kami bahas pada tulisan berikutnya, insya Allah).

Silahkan klik di sini untuk mendownload workbook di artikel ini.

Loading…

  • 9.7K
    Shares

82 thoughts on “Membuat Anggaran Bulanan Keluarga dengan Excel”

  1. Bagus sekali mas artikelnya.

    Namun, kalo diperkenankan saya nyumbang saran. Bagimana jika ada sheet tersendiri yang digunakan oleh user untuk mencatat pengeluaran sehari-hari berdasarkan kategori (tags) yang mas buat.

    Nantinya, berdasarkan kategori (tags), kolom AKTUAL untuk setiap tags akan merujuk ke sheet baru tersebut, sehingga terakumulasi secara otomatis ketika user mencatatkan pengeluarannya sehari-hari.

    Semoga bisa dimengerti bahasa saya yang agak njelimet ya mas…hehehe…

    Salam

    • Hi Kubixa,

      Saya udah bikin artikel baru, lanjutan dari artikel ini. Untuk mengisi kolom aktual, saya link ke sheet lain, dimana sheet itu adalah rincian pengeluaran sy menggunakan aplikasi Toshl Finance di android.

      Semoga bermanfaat ya.. thanks masukannya 🙂

  2. terima kasih ya, sementara ini aku buat ya oret oretan di buku aja.. makasih dah diajarin caranya, thanks alot 😀

  3. terima kasih mas untung untuk sharingnya.. ada yang saya kurang paham, kalau kita mau menambahkan komponen dari pemasukan atau pengeluaran, untuk menambahkan tabelnya bagaimana caranya? apakah sama dengan fungsi excel yang lainnya? terima kasih

  4. Nice information! Penting untuk keluarga baru dalam merencanakan keuangan keluarga.

    Saya membuat excel anggaran bulanan seperti ini dan sudah berjalan kurang lebih 7.5 tahun sejak saya menikah di Mei 2008. Cuma ada sedikit kekurangan yaitu kurang bisa mengevaluasi pengeluaran aktual di bulan/tahun2 sebelumnya secara komprehensif, perhitungan akumulasi tahunan, serta tidak mudah melakukan forecasting/perkiraan untuk tahun2 berikutnya.

    Akhirnya saya beralih ke model spreadsheet tahunan (full year) :

    Anggaran Rutin, di menjadi kolom2 12 bulan, dan dapat dimasukkan kolom2 utk tahun2/bulan2 mendatang. Angka pengeluaran dan pendapatan sudah diisi semua, cuma dibedakan warnanya. Yang actual/sudah diterima/dibayar diberi warna hitam, sedangkan yang masih forecast/perkiraan di anggaran diberi warna biru.

    Anggaran Non-Rutin, prinsip sama dengan Rutin, hanya untuk pendapatan banyak yang dikosongkan karena unpredictable. Pengeluaran dimasukkan untuk yg non-rutin (tidak dianggarkan di rutin).

    Model seperti ini sangat bermanfaat untuk dicocokkan dengan SPT Pajak Tahunan, menghitung Take Home Pay & Expenses tahunan, melakukan forecast s.d 5 tahun ke depan, perhitungan zakat mal dari jumlah total asset wajib zakat, dsb.

    However, tetap semangat untuk sharing!

  5. Saya sdh copy tapi padamsaat input komponen rencana ga muncul kumilatifnya ,lebih bagus klo di bikin sama formulanya mas.

  6. Mohon maaf karena saya pendapatan harian. bagaimana kalo yang pengeluaran dan pendapatan harian kemudian bisa terjumlah ke bulanan,

  7. amazing…

    semoga anda dan keluarga mendapatkan keberkahan dari Allah SWT
    Jazakallahu khoiron katsiron

    Barakallahufik akhi

      • salam kenal.

        terima kasih sekali dapat input soal anggaran ini, mudah-mudahan bisa ke pakai buat aplikasi anggaran konveksi dan sablon sy mas, mohon maaf ini mau nanya ini bisa di pakai kah buat rujukan aplikasi anggaran usaha, misal dalam pemasukan bukan gaji tapi orderan yg masuk dll

        terima kasih pencerahannya mas Untung

  8. Terima kasih banyak atas sharingnya ya mas. Bolehkah minta file workbooknya untuk diupload ulang atau dikirim via email? Karena filenya sudah tidak bisa didownload pada link tersebut

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.