Advertisements
 
Home ยป Cara Membedakan Warna Angka Positif dan Negatif

Cara Membedakan Warna Angka Positif dan Negatif

Salah satu kegunaan Excel adalah untuk mengolah, menganalisis serta menyajikan data. Dengan Excel, kita bisa menyajikan dan memanipulasi data tabel dengan baik seperti menganalisis trend dengan conditional formatting atau pun memberikan format dengan custom format cells.

Pada tulisan ini, saya akan membahas bagaimana cara menyajikan dan menganalisis data tabel di Excel dengan cara sederhana, yaitu dengan membedakan warna angka positif dan negatif (bahkan angka nol) dengan menggunakan custom format number pada Format Cells.

Format number yaitu format yang bisa diaplikasikan ke sebuah value atau nilai cell. Format tersebut antara lain format General, angka (Number), mata uang (Currency), tanggal (Date), waktu (Time), persentase (Percentage), pecahan (Fraction), saintifik (Scientific), teks (Text), spesial (Special) dan kustom (Custom).

Urutan format pada Format Number adalah sebagai berikut:

<POSITIVE>;<NEGATIVE>;<ZERO>;<TEXT>

Sebagai contoh, untuk mengubah format angka negatif dalam tanda kurung, kita bisa menambahkan kode kurung buka “(” dan kurung tutup “)” pada bagian kode negatif seperti berikut:

#,##0_);(#,##0)

Begitu juga jika Anda ingin menambahkan kode warna untuk angka bilangan positif maupun negatif, Anda bisa menambahkan kode warna didepan kode angka. Sebagai contoh, jika Anda ingin mengubah format angka negatif menjadi warna merah, kodenya adalah sebagai berikut:

#,##0_);[Red](#,##0)

Pembahasan lebih lengkap mengenai format number akan dibahas pada tulisan terpisah, insya Allah.

Sebagai contoh, pada laporan Product Profitability (Profitabilitas Produk), yaitu laporan untuk menganalisa margin keuntungan suatu produk. Kita ingin membedakan warna font angka positif pada kolom contribution untuk membedakan kontribusi positif dan negatif.

membedakan warna angka positif dan negatif

Langkah-langkah untuk membedakan warna angka positif dan negatif adalah sebagai berikut:



  1. Blok cell yang akan dibedakan warna font-nya, yaitu cell H2:H11.01-blok-cell
  2. Pilih atau klik Format Cells pada menu tab Home > Number. Atau bisa juga dengan menggunakan shortcut CTRL + 1. Lalu akan muncul window box Format Cells seperti di bawah.02-format-cells
  3. Pada tab Number, pilih Category Custom (paling bawah).03-custom
  4. Pada box Type, edit dengan menambahkan kode warna, misalnya [Blue] sebelum kode Positif, [Red] sebelum kode Negatif untuk. Lalu tekan OK.04
  5. Hasilnya seperti tampak pada gambar di bawah.05
Baca Juga  Cara Mengatasi Rumus Excel Tidak Menghitung Secara Otomatis

Advertisements

Comments

Cara Membedakan Warna Angka Positif dan Negatif — No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *