Advertisements
 
Home ยป Fungsi INFO dan Kegunaannya

Fungsi INFO dan Kegunaannya

Fungsi INFO adalah salah satu fungsi Excel dalam kategori Information Function.




Fungsi INFO sangat beguna untuk menggali informasi seperti untuk mengetahui letak dokumen (directory), sistem operasi, versi software Excel, dll. Namun sayangnya, jarang pengguna Excel yang menggunakan fungsi INFO ini.

Pada tulisan ini, kami akan membahas fungsi atau rumus INFO dan kegunaannya.

Apa Itu Fungsi INFO?

Fungsi INFO adalah rumus Excel yang digunakan untuk mengetahui atau menggali informasi berkaitan dengan software Excel yang digunakan oleh pengguna. Informasi yang tersedia di fungsi INFO ini terkait software Excel itu sendiri maupun environment (lingkungan) dimana Excel itu bekerja.

Syntax Rumus INFO

=INFO(type_text)

type_text yaitu tipe informasi tertentu yang ingin kita ketahui. Ada 7 tipe atau jenis informasi yaitu directory, numfile, origin, osversion, recalc, relese dan system. Pada rumus INFO, type_text harus ditulis dalam tanda kutip, misalany:

=INFO(“osversion”)

Penjelasan dan kegunaan ketujuh type_text adalah sebagai berikut:

fungsi info

Kegunaan Rumus INFO



  1. directory digunakan untuk mengetahui directory lokasi atau folder tempat dimana dokumen Excel yang sedang aktif (sedang dibuka) saat ini berada. Rumus INFO directory ini sangat berguna terutama buat Anda yang organisasi file-nya belum cukup rapi dan sering lupa lokasi dokumen.
  2. numfile digunakan untuk mengetahui jumlah worksheet aktif pada workbook atau file Excel yang sedang dibuka. Rumus INFO dengan tipe numfile akan menampilkan semua woksheet di semua workbook yang sedang aktif, termasuk yang di-hide (disembunyikan). Jadi jika Anda membuka 3 workbook, yang masing-masing memiliki 8, 12, dan 20 sheet, maka jumlah worksheet yang ditampilkan dengan rumus INFO ini adalah 40 (sheet).
  3. origin digunakan untuk mengetahui cell reference absolut paling kiri atas yang ditampilkan oleh Windows berdasarkan posisi scrolling pada saat itu. Rumus INFO menggunakan origin ini akan menghasilkan nilai $A sampai dengan cell paling kiri atas misalnya $A:$N31
  4. osversion digunakan untuk mengetahui spesifikasi sistem informasi komputer oleh pengguna dimana software Excel tersebut bekerja. Output yang dihasilkan dari rumus INFO osversion misalnya Windows (64-bit) NT 6.01.
  5. recalc digunakan untuk mengetahui recalculation mode atau mode perhitungan yang sedang aktif apakah Automatic atau Manual. Salah satu fungsinya adalah sebagai Cara Mengatasi Rumus Excel Tidak Menghitung Otomatis.
  6. release digunakan untuk mengetahui versi software Excel yang digunakan. Misalnya, bagi Anda yang menggunakan Excel 2013, rumus INFO ini akan menghasilkan “15.0” karena Excel 2013 merupakan software versi release 15.0
  7. system digunakan untuk mengetahui system opearsi yang digunakan. Output dari rumus INFO ini hanya ada dua yaitu “mac” untuk Macintosh dan “pcdos” untuk Windows.
Baca Juga  Membuat Laporan Bulanan Keuangan Keluarga

Advertisements

Comments

Fungsi INFO dan Kegunaannya — No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *