Fungsi IF Yang Serbaguna

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Fungsi IF

Fungsi IF adalah salah satu fungsi dalam kategori Logical atau logika. Kegunaan fungsi IF yaitu untuk memanggil suatu nilai jika suatu kondisi yang kita tentukan bernilai TRUE atau benar dan memanggil suatu nilai yang lain jika kondisi yang kita tentukan bernilai FALSE atau salah.

Contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari, misalnya, jika cuaca hujan, kita perlu payung, dan jika kondisi cuaca tidak hujan maka kita tidak perlu payung. Cuaca disebut sebagai kondisi, sedangkan perlu dan tidak perlu payung disebut sebagai nilai atau keputusan yang akan diambil tergantung apakah kondisi cuaca hujan tersebut benar atau salah.

RUMUS

=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)

Perlu diingat bahwa penulisan rumus IF urutannya selalu logical_test, value_if_true, dan value_if_false di mana value_if_true harus berada sebelum value_if_false dan tidak boleh terbalik.

CONTOH

=IF(5<3,TRUE,FALSE)

Jika kita tulis formula tersebut ke dalam sembarang cell, akan menghasilkan nilai FALSE karena pernyataan 5 < 3 bernilai salah. Jika kita tulis formulanya menjadi =IF(5<3,FALSE,TRUE), maka akan menghasilkan nilai TRUE padahal pernyataan 5 < 3 bernilai salah atau FALSE. Inilah alasan mengapa urutan menulis formula IF harus benar.

Jika kita menulis formula IF tanpa diikuti value, maka akan menghasilkan salah satu dari nilai 1 jika TRUE, dan 0 jika FALSE. Misalnya, jika kita menulis rumus =IF(5<3,,) maka akan menghasilkan nilai 0 karena pernyataan tersebut salah.

IF Yang Serbaguna

Fungsi IF merupakan fungsi yang banyak dipakai karena dalam pekerjaan banyak sekali kondisi yang sesuai dengan fungsi ini. Sebagai contoh, sebuah perusahaan memberikan bonus kepada tenaga penjualan atau sales jika berhasil menjual produk dengan nilai tertentu dengan bonus sekian persen, maka kondisi seperti ini cocok menggunakan fungsi IF.

Salah satu kegunaan IF adalah bisa digunakan dalam satu fungsi yang memiliki banyak kondisi atau yang disebut dengan IF bersarang atau nested IF. Pada Excel, kita bisa menggunakan 64 fungsi IF sekaligus. Penggunaan IF bersarang ini misalnya mengubah nilai dalam bentuk angka kedalam huruf misalnya A, B, C, D, dan E yang biasanya dipakai di bidang akademik, sangat cocok buat kamu yang berprofesi sebagai guru atau dosen.

Maka rumusnya (pada C4) adalah sbb:

=IF(B3>89;”A”;IF(B3>79;”B”;IF(B3>69;”C”;IF(B3>59;”D”;”E”))))

Dan hasilnya adalah sebagai berikut.

Rumus IF Mengubah Nilai Angka ke Huruf
Rumus IF Mengubah Nilai Angka ke Huruf

Loading…

  • 832
    Shares

18 thoughts on “Fungsi IF Yang Serbaguna”

  1. Hallo jagoan excel, saya ingin bertanya seperti ini, saya mau membuat rumus a*b*c

    Misal nilai a=2. b=7. c=9

    Tetapi saya tidak membuat perkalian dengan cell

    Tetapi perkalian a*b*c tersebut mohon jawabanya …pak!

  2. mas bagaimana kalau kita buat rumusnya jika kondisinya sbb:
    jika 3 s/d 6 hasilnya 3
    jika 6 s/d 9 hasilnya 4
    jika 9 s/d 12 hasilnya 5
    jika 12 s/d 15 hasilnya 6
    jika lebih dari 15 hasilnya 7

    terima kaish sebelumnnya

  3. Aku mau nanya kalo jika karakter pertama sebelah kiri terdapat huruf”L” maka kelas nya “Lux”
    Jika karakter pertama sebelah kiri terdapat huruf”B” maka kelas nya “Bisnis” dan selain itu maka kelas nya “ekonomi” itu gimana yah rumus di Excel nya tolong dibantu yah ka
    Makasih

  4. gan jika no telepon dengan angka depag “62” akan di hilangkan dan ditambahkan “0”, dan jika nomor telepon dengan digit =13 bukan awalan “0” maka ditambahkan “0”
    contoh : 6281223711137 akan berubah menjadi 08122371137, jika menemukan jumlah angka sama dengan atau kurang dari 9 digit dan sama dengan atau lebih dari 13 digit bukan dengan awalan “0” maka akan ditambahkan awalan angka “0”. contoh : 1234567891023 akan menjadi 01234567891023

  5. Permisi pak/bu. sebelumnya saya mau cerita dulu.
    Saya punya hasil tes, misal 2 hasil untuk satu orang. Jdi gini, misal di tabel A2 ada nama ahmad, di tabel B2 ad hasil tes matematika =90, di tabel C2 hasil b.indo =90, nah dari 2 hasil it saya mau membuat rumus untuk menentukan si ahmad lulus atau tidak lulus di tabel D2 dengan nilai minimal 70 jika hasil mtk 65 atau hasil b.indo 65 …

  6. Mau nanya gan, mau buat jadwal shift…
    jika sheet1 berupa kode huruf dan sheet2 hasilnya text…
    Contohnya: jika diketik “P” pada sheet1, kemudian hasil di sheet2 hasil nya “Pagi”,
    Jika “S” hasilnya “siang”, atau “m” hasilnya “Malam”…
    Kalau seperti tersebut, bagaimna pembuatan rumus nya gan?, Terimakasih…

  7. ijin bertanya kak kalau mau buat rumus jika nilai
    45 nilanya ks
    46-50 nilanya k
    51-60 nilainya c
    61-80 nilainya b
    rumusnya gimana ya

  8. Mohon solusinya mas
    Bagaimana cara menghilangkan FALSE pada rumus =IF(G197=”A”;”Baik Sekali”;IF(G197=”B”;”Baik”;IF(G197=”C”;”Cukup”;IF(G197=”D”;”Kurang”)))), ketika kolom G197 tidak ada isinya.

  9. Assalamualaikum, kalau rumus untuk menjawab :
    A Maka bernilai 0
    B Maka bernilai 1
    C Maka bernilai 0
    Gimana caranya. Thanks b4

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.