Advertisements
 
Home ยป Fungsi IF Yang Serbaguna

Fungsi IF adalah salah satu fungsi dalam kategori Logical atau logika. Kegunaan fungsi IF yaitu untuk memanggil suatu nilai jika suatu kondisi yang kita tentukan bernilai TRUE atau benar dan memanggil suatu nilai yang lain jika kondisi yang kita tentukan bernilai FALSE atau salah.




Contoh sederhana dalam kehidupan sehari-hari, misalnya, jika cuaca hujan, kita perlu payung, dan jika kondisi cuaca tidak hujan maka kita tidak perlu payung. Cuaca disebut sebagai kondisi, sedangkan perlu dan tidak perlu payung disebut sebagai nilai atau keputusan yang akan diambil tergantung apakah kondisi cuaca hujan tersebut benar atau salah.

RUMUS

=IF(logical_test,value_if_true,value_if_false)

Perlu diingat bahwa penulisan rumus IF urutannya selalu logical_test, value_if_true, dan value_if_false di mana value_if_true harus berada sebelum value_if_false dan tidak boleh terbalik.

CONTOH

=IF(5<3,TRUE,FALSE)

Jika kita tulis formula tersebut ke dalam sembarang cell, akan menghasilkan nilai FALSE karena pernyataan 5 < 3 bernilai salah. Jika kita tulis formulanya menjadi =IF(5<3,FALSE,TRUE), maka akan menghasilkan nilai TRUE padahal pernyataan 5 < 3 bernilai salah atau FALSE. Inilah alasan mengapa urutan menulis formula IF harus benar.

Jika kita menulis formula IF tanpa diikuti value, maka akan menghasilkan salah satu dari nilai 1 jika TRUE, dan 0 jika FALSE. Misalnya, jika kita menulis rumus =IF(5<3,,) maka akan menghasilkan nilai 0 karena pernyataan tersebut salah.

IF Yang Serbaguna

Fungsi IF merupakan fungsi yang banyak dipakai karena dalam pekerjaan banyak sekali kondisi yang sesuai dengan fungsi ini. Sebagai contoh, sebuah perusahaan memberikan bonus kepada tenaga penjualan atau sales jika berhasil menjual produk dengan nilai tertentu dengan bonus sekian persen, maka kondisi seperti ini cocok menggunakan fungsi IF.

Baca Juga  Membuat Neraca Saldo Dengan Fungsi SUMIF

Salah satu kegunaan IF adalah bisa digunakan dalam satu fungsi yang memiliki banyak kondisi atau yang disebut dengan IF bersarang atau nested IF. Pada Excel, kita bisa menggunakan 64 fungsi IF sekaligus. Penggunaan IF bersarang ini misalnya mengubah nilai dalam bentuk angka kedalam huruf misalnya A, B, C, D, dan E yang biasanya dipakai di bidang akademik, sangat cocok buat kamu yang berprofesi sebagai guru atau dosen.




Maka rumusnya (pada C4) adalah sbb:

=IF(B3>89;”A”;IF(B3>79;”B”;IF(B3>69;”C”;IF(B3>59;”D”;”E”))))

Dan hasilnya adalah sebagai berikut.

Rumus IF Mengubah Nilai Angka ke Huruf

Rumus IF Mengubah Nilai Angka ke Huruf

Advertisements

Comments

Fungsi IF Yang Serbaguna — 3 Comments

  1. Hallo jagoan excel, saya ingin bertanya seperti ini, saya mau membuat rumus a*b*c

    Misal nilai a=2. b=7. c=9

    Tetapi saya tidak membuat perkalian dengan cell

    Tetapi perkalian a*b*c tersebut mohon jawabanya …pak!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *