Fungsi CHOOSE dan Contoh Penggunaannya

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Fungsi CHOOSE dan Contoh Penggunaannya

Fungsi CHOOSE merupakan fungsi yang termasuk dalam kategori Lookup & Reference bersama dengan INDEX, MATCH, HLOOKUP dan VLOOKUP. Fungsi ini digunakan untuk mengambil atau menampilkan sebuah nilai dari sebuah list berdasarkan nomor indeksnya.

Sebagai contoh, pada sebuah list warna {“Merah”,”Kuning”,”Hijau”,”Biru”}, kita ingin mengambil warna “Hijau” dari list tersebut. Dengan fungsi CHOOSE, kita tinggal memanggi nomor indeks warna “Hijau” pada list tersebut, yaitu nomor index atau nomor urut 3.

Baca Juga: Membuat Buku Besar dengan VLOOKUP

Syntax Fungsi CHOOSE
=CHOOSE(index_num, value1, [value2], …)
Penjelasan dari syntax atau penulisan rumus fungsi CHOOSE di atas adalah sebagai berikut:

  • index_num (wajib diisi) yaitu nomor index atau nomor urutan sebuah nilai data. Nomor index dimulai dari 1 sampai dengan 254.
    1. jika index number diisi dengan 1, CHOOSE akan menampilkan value1; jika index number diisi dengan 2, CHOOSE akan menampilkan value2 dan seterusnya
    2. jika index number memiliki nilai kurang dari 1 atau lebih besar dari nomor value terakhir pada list, fungsi CHOOSE akan menghasilkan error #VALUE!
    3. jika index number merupakan pecahan, CHOOSE akan menampilkan integer atau bilangan bulat terkecil dari pecahan tersebut. Sebagai contoh, jika nilai index number adalah 3/2 atau 1.5, fungsi CHOOSE akan menampilkan bilangan bulat terkecil dari 1.5 yaitu 1.
  • value1 (wajib diisi) yaitu suatu nilai data yang ada pada list
  • value2 (opsional) yaitu suatu nilai data yang ada pada list

 

Contoh Penggunaan Fungsi CHOOSE

Day
Monday
Tuesday
Wednesday
Thursday
Friday
Saturday
Sunday

Pada contoh ini, kita memiliki tabel atau list nama-nama hari dalam seminggu dalam bahasa Inggris yaitu Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday dan Sunday.

fungsi choose

 

Kita akan mengambil atau menampilkan nama-nama hari tersebut dengan fungsi CHOOSE dengan 3 nomor index yaitu nilai 1-7, nilai kurang dari 1 atau lebih dari 7, dan nomor index pecahan yaitu 2.5.

Pada cell F3 sampai dengan F5, rumus CHOOSE-nya adalah sebagai berikut:

1. Nomor Index 1 sampai dengan 7

=CHOOSE(4,$B$3,$B$4,$B$5,$B$6,$B$7,$B$8,$B$9)

Output dari rumus tersebut adalah Thursday karena nomor index atau nomor urutan 4 pada list nama-nama hari tersebut adalah “Thursday”

2. Nomor Index kurang dari 1 atau lebih dari nomor nilai terakhir (7)

=CHOOSE(-1,$B$3,$B$4,$B$5,$B$6,$B$7,$B$8,$B$9)

Output dari rumus CHOOSE di atas adalah nilai error #VALUE! karena index number kurang dari 1.

3. Nomor Index Pecahana (2.5)

=CHOOSE(2.5,$B$3,$B$4,$B$5,$B$6,$B$7,$B$8,$B$9)

Output dari rumus CHOOSE di atas adalah “Tuesday” karena nilai bilangan bulat terkecil dari 2.5 adalah 2 yang merupakan nomor index “Tuesday”.

Loading…

  • 260
    Shares

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.