Advertisements
 
Home ยป Cara Mengetahui Duplicate Values Dengan Conditional Formatting

Apa itu Duplicate Values?




Duplicate values atau nilai duplikat adalah suatu nilai data pada suatu range yang jumlahnya lebih dari satu. Dengan kata lain, duplicate values adalah data yang muncul lebih dari satu kali. Lawan dari duplicate vales yaitu unique value dimana setiap pada satu range hanya muncul satu kali. Lihat ilustrasi di bawah.

contoh duplicate values

Adanya nilai duplikat pada suatu data akan sangat mempengaruhi metode, rumus atau formula yang akan kita pakai saat bekerja menggunakan data tersebut, misalnya saat membuat laporan.

Sebagai contoh, pada data yang nilainya unik, kita bisa menggunakan vlookup untuk membuat laporan yang sifatnya agregat (total). Sedangkan pada data yang punya nilai duplikat, kita harus hati-hati saat menggunakan vlookup karena pada vlookup hanya akan mengambil data yang muncul pertama kali atau data yang letaknya di row paling atas.

Untuk itu, sebelum menggunakan data, kita terlebih dulu harus mengetahui apakah data tersebut memiliki nilai duplikat atau hanya memiliki nilai unik.

Cara Mengetahui Duplicate Values

Untuk mengetahui nilai duplikat, ada beberapa cara yang bisa digunakan seperti rumus count, pivot table dengan fungsi count, maupun dengan conditional formatting.




Metode yang digunakan untuk mengetahui nilai duplikat pada tulisan ini adalah dengan metode yang paling mudahyaitu dengan conditional formatting, sebagai berikut:

  • Siapkan data yang akan kita cari apakah data tersebut memiliki nilai duplikat. Misalnya kita ingin mengetahui apakah data karyawan di bawah ini memiliki nilai duplikat.

nama karyawan dan departemen

  • Pilih range yang akan dicari nilai duplikatnya. Blok range nama karyawan dari B1 sampai dengan B16 (B1:B16)

blok range nama karyawan

  • Pilih menu atau fungsi Duplicate Values. Pada menu Home, pilih Conditional Formatting > Highlights Rules > Dupliacte Values
Baca Juga  Rumus atau Fungsi LEFT, MID, RIGHT Pada Excel

pilih duplicate values

  • Pilih nilai yang akan dihighlight serta warna highlightnya. Pilih yang akan kita tandai (highlights) apakah nilai yang duplicate atau nilai yang unique. Kita juga bisa memilih warna highlights untuk mengganti warna highlights default yaitu “Light Red Fill with Dark Red Text”.

pilih warna

  • Pilih OK atau tekan Enter.

duplicate value final

Setelah mengetahui ada nilai duplikat, kita tinggal memutuskan metode, rumus atau fungsi yang akan kita pakai untuk mengelola data tersebut.

Kalau kita tidak memerlukan nilai duplikat tersebut, kita tinggal menghapus nilai duplikat dengan fungsi Remove Duplicates (yang akan dibahas lain waktu insya Allah).

Semoga bermanfaat! ๐Ÿ™‚

Advertisements

Comments

Cara Mengetahui Duplicate Values Dengan Conditional Formatting — No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *