Cara Mengatasi Rumus Excel Tidak Menghitung Secara Otomatis

Belajar Akuntansi & Pembukuan Bisnis UKM.

Pelajari Sekarang »

Mengatasi Rumus Excel Tidak Menghitung Secara Otomatis

Suatu hari, seorang staff akuntansi di suatu perusahaan meminta bantuan ke bagian IT untuk memperbaiki masalah yang sedang dia hadapi di Microsoft Excel.

Masalah yang dihadapi si staff cukup ‘SERIUS’, setiap kali ia meng-COPY rumus dari salah satu cell dan mem-PASTE ke cell yang lain, rumus tersebut tidak menghitung secara otomatis, melainkan hasilnya sama dengan cell asal. Ia mencoba berulang kali, tapi hasilnya tetap saja NIHIL.

Baca Juga: Tipe Error Excel dan Cara Mengatasinya

Lalu datanglah staff IT sebagai sosok penyelamat. Ia pun mencoba prosedur yang sama, mencopy rumus ke cell yang lain, tetap tidak bisa menghitung otomatis. Staff IT tidak kehilangan akal, dia buat rumus baru, mengcopy ke cell yang lain, tapi tetap saja, rumus tidak menghitung secara otomatis.

cara mengatasi rumus excel tidak menghitung secara otomatis
rumus excel tidak menghitung secara otomatis

Akhirnya dengan berat hati, staff IT mengatakan bahwa ia belum belum bisa membantunya dan tidak tahu masalahnya. Whats wrong? Apa sebenarnya yang terjadi??

***

Kejadian seperti ini mungkin pernah kamu alam. Dari cerita di atas, ada dua fakta yang sebenarnya terjadi.

Pertama, kita tidak tahu masalah yang sebenarnya. Kita mengira masalahnya adalah ERROR, tapi yang sebenarnya adalah FORMULA EXCEL TIDAK MENGHITUNG KEMBALI (RECALCULATION) SECARA OTOMATIS (AUTOMATIC). Kalau kita cari bantuan di HELP (F1) dengan kata kunci error, kita tidak akan menemukan solusinya. Tapi jika kita cari recalculation dan automatic, kita akan diarahkan ke INFO Function dan akan ada pencerahan.

Kedua, perlu disadari bahwa TIDAK SEMUA orang IT bisa mengatasi masalah pada EXCEL. Ini karena orang IT tidak spesifik mengurusi masalah EXCEL, tapi masalah IT secara keseluruhan, biasanya masalah sistem dan jaringan. Jadi pesan saya, jika sehari-hari kita memakai Excel, kita harus menguasainya lebih dari orang lain yang jarang memakai Excel.

Nah, cara mengatasi rumus Excel tidak Menghitung Secara Otomatis ini sebenarnya cukup sederhana.

Masalah di atas terjadi karena Microsoft Excel disetting pada Manual Recalculation Mode, yang secara default seharusnya ada di Automatic. Kondisi ini menjadikan formula tidak menghitung secara otomatis. Rumus atau formula pada mode manual ini baru melakukan perhitungan jika kita mengaktifkan cell di mana rumus berada, kemudian menekan ENTER.

Langkah untuk mengatasi ini adalah sbb:

Switch to Automatic Calculation

  • Cek mode calculation atau recalculation rumus atau formula Excel dengan fungsi INFO yaitu =INFO(“RECALC”) dan akan menghasilkan value “Manual
  • Ubah ke mode Automatic yang ada di File/Option/Formula. Pada Calculation options, tick Manual pada Workbook Calculation.

Selamat Mencoba dan Semoga bermanfaat.

Loading…

  • 658
    Shares

50 thoughts on “Cara Mengatasi Rumus Excel Tidak Menghitung Secara Otomatis”

  1. Kak, kenapa di komputer saya rumus [=(dghuruf)]tudak berfungsi ya?
    Sementara kalo dgn file yang sama di copy ke komputer lain kok bisa?

    Mohon penjelasannya kak.
    Terimkasih.

  2. Setuju banget.. untuk urusan excel, user seharusnya lebih jago dari orang IT. Ibarat senjata, setiap hari berlatih menggunakannya maka akan semakin mahir menggunakannya, dibanding pembuat senjata itu sendiri.
    Thanks gan.

  3. Makasih banyak infonya gan, saya sangat terbantu.
    Semoga makin sukses usahanya terus bantu kami pemula ya gan.. hehe

  4. Kak kursor excel ku kalo mau buat jumlah tarik kebawah kan harus di titik pojok kanan…smpe brubah jadi kaya plus gtu…nah ini gak mau berubah jd gak isa buat narik rumus gtu…caranya gmn ya?

  5. gan butuh pencerahan nih, kenapa di pivot gue misalnya nih gross amount kan kalau baru di insert dia dalam bentuk “count”, pas saya rubah dia jadi “sum” kok malah jadi “0” ya, thanks before gan

  6. Kenapa ya pas pake rumus if di laptop tulisanya selalu blg formula salah, padahal pas nyoba di laptop lain rumusnya work kok, ini yg salah laptop aku atau apa ya

    • itu mungkin masalah penggunaan lambang ” ; ” atau ” , “. ada komputer yg mengunakan lambang ” ; ” dalam rumus if, ada juga yang menggunakan lambang ” ,”

  7. Terima kasih suhu.
    Dari kemarin saya sudah pusing dengan Excel yang tidak bisa menjumlahkan otomatis. Padahal udah pake rumus.
    Dan al hasil dari kemarin saya menghitung dengan Manual.
    Allhamdulillah baca Artikel ini trs dicoba and BERHASIL. Terima kasih Suhuu.. .
    Sangat membantu.

  8. Kak kursor excel ku kalo mau buat jumlah tarik kebawah kan harus di titik pojok kanan…smpe brubah jadi kaya plus gtu…nah ini gak mau berubah jd gak isa buat narik rumus gtu…caranya gmn ya?

  9. siang, mohon infonya kenapa rumus if ada tautan yang tidak berfungsi ya? jadi ada 3 rumus if bertingkat, tapi setelah saya tarik ke bawah ada kolom yang tidak menghasilkan angka yang sesuai.

  10. Gan sumpah udah ane jadiin auto masih aja begitu gan khususnya buat perkalian menggunakan excel =E7*F7 hasilnya masih tetep value

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.